Kutho Malang

Kutho malang kuthone pancen rame
Pasar Induk Gadang panggonane
Kulon lun alun ngeglok Masjid Jami’e
Ojo lali Arjosari terminale

Tahu tempe Sanan panggonane
jalan Lombok terkenal soto ayame
nyami’ane kripik singkong jik nyamplenge
Aremania wis kondang sepakbolae

Sepenggal lagu jawa diatas,mungkin bisa menjadi gambaran yang pas,bercerita tentang eksotisme kota.Terjemahan bebasnya kurang lebih,Kota Malang kotannya memang ramai,Pasar Induk Gadang tempatnya (belanja),di barat Alun-Alun ada Masjid Jami’,jangan lupa Arjosari terminalnya.Tahu tempe, Sanan tempatnya.Jalan lombok terkenal dengan soto ayamnya,kudapannya kripik singkong.Aremania sudah terkenal sepakbolanya.
Sudah empat tahun lebih saya hidup di kota bunga ini,bukan waktu yang tergolong singkat tentu saja.Banyak hal hal unik yang bisa saya temukan selama empat tahun lebih berdomisili disini.
Mungkin sebentar lagi saya harus meninggalkan kota ini.Meskipun,kalau boleh jujur,sebenarnya saya sudah jatuh hati dengan kota yang satu ini.
Malang memang bukan tergolong kota yang terlalu besar,meskipun di provinsi jawa timur,kota ini tergolong sebagai kota terbesar kedua,sesudah kota surabaya tentu saja.Kota ini dulu pernah mendapat julukan switzerland nya,Indonesia,bahkan dulu sempat menjadi nominasi untuk dijadikan ibukota negara ini.
Sebagai sebuah kota,malang seperti kota kota besar lainnya di Indonesia,juga mempunyai sejarah yang cukup panjang.Hal ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi para wisatawan asing,terutama yang berasal dari negeri Belanda.Dahulu beberapa kawasan di kota malang memang menjadi kawasan tempat tinggal warga belanda,selama masa penjajahan.Sehingga tidak heran,di malang banyak terdapat gedung,rumah,tempat ibadah maupun sekolah yang merupakan warisan peninggalan zaman penjajahan Belanda.
//munirfiles.files.wordpress.com)
gementehuis (http://munirfiles.files.wordpress.com)
Foto diatas,adalah gedung pusat pemerintahan kota malang pada zaman belanda,sekarang gedung ini menjadi kantor walikota malang.Pada zaman perang kemerdekaan gedung ini sempat dibakar oleh para pejuang,untuk mengahalangi gerak pasukan belanda.
//2.bp.blogspot.com)
Kantror Walikota Malang (http://2.bp.blogspot.com)
Kawasan lain yang menyimpan nilai historis tinggi adalah di jalan ijen,kawasan ini sekarang ini menjadi kawasan hunian elit warga kota malang,dulu pun tak jauh beda.Kawasan ini adalah tempat rumah tuan tuan dan nyonya belanda tinggal.
//ksupointer.com)
jalan ijen tempo dulu (http://ksupointer.com)
//ngebolang.files.wordpress.com)
jalan ijen sekarang (http://ngebolang.files.wordpress.com)
Ada lagi satu bangunan di jalan ijen yang bisa bercerita tentang sejarah kota malang,Gereja Ijen,merupakan salah satu bangunan tempo dulu dikawasan ijen yang sampai sekarang masih berdiri kokoh.
//img.photobucket.com)
gereja ijen dulu(http://img.photobucket.com)
//m1qbal.files.wordpress.com)
gereja ijen sekarang (http://m1qbal.files.wordpress.com)
Kawasan alun alun kota malang sekarang,juga menyimpan banyak bangunan tempo dulu.Masjid agung kota malang dan sarinah plaza adalah beberapa penanda zaman yang masih bisa kita saksikan kemegahannya saat ini.
//malang.endonesa.net)
masjid agung (http://malang.endonesa.net)
//www.rumahzakat.org)
masjid agung sekarang (http://www.rumahzakat.org)
http://i730.photobucket.com
http://i730.photobucket.com
http://i289.photobucket.com
http://i289.photobucket.com
Masih di kawasan alun alun ada satu toko eskrim yang sangat terkenal,toko eskrim oen terkenal karena usianya yang mungkin sudah melebihi republik ini.Sampai sekarang,toko ini masih mempertahankan ‘kejadulannya’,salah satu tempat yang sering dikunjungi wisatawan asing yang berkunjung di kota malang.
//t2.gstatic.com/)
toko oen dulu(http://t2.gstatic.com/)
http://dionperdana.student.umm.ac.id
http://dionperdana.student.umm.ac.id
Gedung yang sekarang menjadi sma frateran malang ini juga tergolong bangunan jaman bahuela di kota malang.Terletak di kawasan yang sekarang sangat ramai dengan lalu lalang kendaraan,berbeda sekali pada waktu zaman dahulu.
http://katedral.keuskupan-malang.web.id
http://katedral.keuskupan-malang.web.id
http://lh3.ggpht.com
http://lh3.ggpht.com
Sebenarnya masih banyak sekali saksi sejarah perkembangan kota malang yang masih ada sampai saat ini,kawasan kayutangan,stasiun kota,kawasan rampal dan amsih banyak lagi.
Banyak yang bilang kalau malang sudah kehilangan kesejukannya yang dulu menjadi salah satu kebanggan warga kotanya.Banyak kawasan yang kemudian berubah menjadi pusat pusat perbelanjaan,bisa jadi ini adalah satu fenomena umum yang juga terjadi di kota kota besar lain di indonesia yang sedang berkembang.Mungkin yang paling bikin miris,di beberapa kawasan kota malang,sudah tidak lagi bebas banjir.Bila musim hujan tiba,dipastikan kawasan kawasan tadi akan digenangi air.

0 komentar:

Posting Komentar

ck roe - heru susanto. Diberdayakan oleh Blogger.